Terpopuler:

Tutorial Cara Setting TV Digital DVB-T2 di Skybox A1 Combo

09 Mei 2019 - Kategori Blog

cara setting tv digital

Tamtamboyz. Pada zaman era digital sekarang, perkembangan dunia pertelevisian semakin pesat. Yang dulunya kita hanya bisa menikmati siaran Televisi berupa siaran analog, sekarang kita sudah bisa menikmati siaran Televisi dengan siaran digital. Di artikel kali ini Tamtamboyz akan memberikan sedikit informasi seputar cara setting tv digital, khususnya pada sinyal DVB-T2 melalui receiver Skybox A1 Combo.

Kenapa TV Digital? Kenapa DVB-T2?

Sudah pada tahu belum apa itu TV Digital, apa itu DVB T-2?

Kami jelaskan sekilas ya gan, itung-itung biar tambah pinter, hehehe

 

TV Digital dan DVB-T2

TV digital adalah jenis televisi yang sudah di lengkapi dengan alat yang mampu menangkap siaran-siaran TV digital, yang mana di tangkap dalam bentuk bit data seperti komputer. Yang mana siaran digital ini semakin membuat kita lebih senang dalam menonton siaran di televisi kita, sebab secara gambar jauh lebih jernih, secara suara juga tidak mengalami delay, jika di bandingkan dengan TV analog.

Perbedaan mendasar dari TV Digital dengan TV Analog adalah pada sistem penerimaan gambar dari pusat pemancar. Pada TV Digital akan bisa mendapatkan sinyal gambar dan suara yang tetap jernih sampai pada titik sinyal terjauh dari pusat pemancar.

Berbeda dengan TV Analog yang semakin jauh dari pusat pemancar siaran, maka sinyal gambar dan suara yang di terima semakin lama akan semakin melemah dan buruk.

Alhasil, banyak produsen pertelevisian (baik penyedia saluran maupun penyedia alat televisinya) bersama-sama berbondong-bondong untuk melakukan migrasi kearah TV Digital

cara setting tv digital

Lalu, apa DVB-T2 itu?

DVB-T2 adalah DVB-T generasi ke-dua

DVB-T sendiri singkatan dari Digital Video Broadcasting-Terrestrial

DVB-T2 adalah sebuah format siaran TV Digital yang disiarkan melalui frekuensi UHF. Format ini sekarang sudah di pakai oleh Indonesia dan sudah menjadi standar siaran UHF di dunia.

Menurut Kominfo, mulai awal tahun 2012, Indonesia melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012, mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2) yang merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T yang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2007.

Sungguh sangat cepat perkembangan teknologi saat ini, hanya berjarak beberapa tahun saja, sudah tercipta teknologi yang lebih canggih. Yang awalnya hanya DVB-T saja sudah menjadi DVB-T2, yang mana secara sistem dan hardwarenya sudah berbedan dan tentunya jauh lebih canggih dari sebelumnya.

 

Oke gan, itu sedikit informasi yang semoga bisa menambah wawasan kita semua

Lanjutkan membacanya, setelah ini akan kami jelaskan bagaimana cara mudah untuk bisa mendapatkan siaran TV Digital DVB-T2 dengan menggunakan receiver Skybox A1 Combo

Tapi,

Apa semua agan sudah tahu Apa itu Skybox A1 Combo?

Bagi agan yang sudah tahu bisa lanjut membaca pada Cara Setting TV Digital pada Skybox A1 Combo, sedangkan untuk agan yang belum tahu apa itu Skybox A1 Combo, yuk di baca sekilas tentang spesifikasi Skybox A1 Combo

 

Spesifikasi Skybox A1 Combocara setting tv digital

Receiver ini memiliki semua keunggulan yang ada pada kakaknya yakni Skybox A1 Plus

Fitur-fitur tersebut seperti support codec HEVC (H-265), Webserver, AVS+, IPTV, Youtube, sudah menjadi fitur wajib receiver Skybox ini.

Lalu apa fitur yang baru dari receiver ini?
Ada 2 fitur penting terbaru dari receiver ini yang membedakan dengan receiver Skybox A1 Plus, yakni fitur DVB-T2 dan port DC 12 Volt.

Untuk DVB-T2 sudah saya jelaskan di atas ya gan

Nah, bagi yang daerahnya sudah ada siaran DVB-T2 dan sudah ada beberapa channel yang di siarkan, maka receiver ini jadi solusi tepat. Karena cukup 1 receiver sudah dapat untuk 2 fungsi sekaligus, untuk DVB-S2 Parabola dan DVB-T2 UHF. Tidak perlu beli set top box DVB-T2 lagi.

cara setting tv digital
Fitur kedua yang tidak kalah keren adalah adanya port DC 12 port di bagian belakang receiver. Apa kegunaannya?

Pernah mengalamin receiver mati total bukan? Nyari PSU receiver susah banget yang cocok? Nah ini fungsi dari port DC 12 di receiver ini.

Jika receiver Skybox A1 Combo rusak dikarenakan PSU yang rusak, maka cukup beli adaptor dengan output 12 Volt/2 Ampere DC yang banyak di jual di pasaran. Simple namun sangat berguna.

Fitur buka acakannya bagaimana?
Tentu tersedia dong, seperti power vu, tandberg, bisskey serta cccamd masih tersedia di receiver ini jadi tidak perlu khawatir ketinggalan acakan lagi.

 

Cara Scan Siaran (Setting TV Digital) UHF DVBT-2 Pada SKYBOX A1 COMBO

Oke, itu tadi sedikit informasi tentang TV Digital. DVB-T2, dan juga sekilas perkenalan dengan Skybox A1 Combo.

 

Sekarang saatnya kami ingin beritahu bagaimana caranya mendapatkan siaran UHF DVB-T2 pada skybox A1 Combo, yuk disimak sampai selesai gan!

 

Caranya sangat simple gan, tapi jangan sampai keliru ya!!
Beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
– Pastikan dulu daerahnya agan itu support atau ada siaran digital atau tidak, untuk mengetahuinya agan bisa cek di situs TV Digital Indonesia
– Apabila di receiver sudah ada chanel siaran digital, abaikan saja karena itu hasil scan dari penjual. Apabila penjual berbeda daerah dengan rumah kita maka WAJIB scan ulang

cara setting tv digital

Berikut penjelasan cara detilnya:

1) Pasang antena digital UHF dan colokkan ke port “ANT IN”di receiver. Disarankan menggunakan antena outdoor agar lebih maksimal daya tangkap sinyalnya
2) Nyalakan receiver dan TV
3) Tekan menu pada remot
4) Pilih menu “Instalasi”
5) Pilih sub menu “Terestrial”
6) Pilih “Pencarian Otomatis”, lalu tekan OK
7) Tunggu proses scan hingga selesai

 

Gampang sekali kan gan caranya?

Jika agan-agan masih ada yang belum paham, langsung saja hubungi salah satu CS kami saja akan segera kami bantu….

 

Belum punya Skybox A1 Combo ?

Bisa langsung mampir ke SINI gan atau langsung hubungi CS kami ya

 

Sekian informasi yang saat ini kami sampaikan, semoga bermanfaat….

Terima Kasih